TUTORIAL MICROSOFT EXCEL


TUTORIAL MICROSOFT EXCEL MEDIA TABGLIGH[1]
Oleh: Sumi Fitriyani[2]
Tutorial Microsoft excel ini merupakan panduan untuk mempelajari dan mempraktikan tatacara dan tahapan-tahapan dalam pengolahan data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan manajemen data. Agar mudah dipahami Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
      1.       Nyalakan laptop dengan menekan tombol Power yang biasanya terdapat di pojok kanan/kiri atas.
      2.      Setelah laptop Anda menyala, maka akan tampil layar Desktop seperti pada gambar berikut.
Gambar 1.
     3.      Untuk membuka atau menjalankan program aplikasi Microsoft Excel Anda dapat pilih dan klik tombol Start yang ada di pojok kiri bawah layar laptop Anda, kemudian pilih dan klik Icon Excel seperti pada gambar berikut.
Gambar 2.
     4.      Setelah klik Icon Microsoft Excel hingga muncul blank document kemudian pilih dan klik Blank workbook dan Anda siap untuk mengetik sebagai kegiatan input data.
Gambar 3.
     5.      Kemudian Anda akan mendapati halaman kosong Workbook Excel seperti pada gambar berikut.
Gambar 4.
1)      Quick Tool Bar, Merupak tool yang disediakan di halaman kerja Ms. Excel 2013 untuk memudahkan pengguna menyimpan dan menggunakan tool lain yang telah di set didalamnya.
2)      Title Bar, Merupakan Judul dari halaman kerja pada saat mengedit. Jika dokumen ms. excel 2013 disimpan dengan nama terterntu. Misalkan disimpan dengan nama "Tutorial Microsoft Excel Media Tabligh" maka pada title bar juga akan berubah sesuai dengan nama tadi.
3)      Menu Bar, Pada bagian ini semua pengaturan ditempatkan, baik itu edit sampai pada formula. Semua disediakan disini. Akan tetapi Anda bisa langsung menempatkan tool yang ada di tempatkan di Quick tool bar, atau juga telah disediakan di Ribbon.
4)      Windws Control, Pada halaman kerja Microsoft excel 2013 windows kontrol berfungsi sebagaimana windows control programs yang ada di windows. yaitu berfungsi untuk meminimaz windows, atau maksimalkan jendela kerja.
5)      Ribbon, pada bagian ini isi sebenarnya juga hampir sama seperti Menu bar, yaitu letak kumpulan berbagai tool untuk mengedit atau bekerja di halaman kerja Microsoft excel 2013.
6)      Name Box, Menunjukan posisi pointer berada, jadi dimana ketika Anda memindahkan pointer ke letak yang lain secara otomatis Name Box ini berubah.
7)      Format Bar, Merupakan form edit formula tambah kurang rata-rata dan lain sebagainya untuk mendapatkan suatu hasil dari logika yang di ketikan didalamnya.
8)      Hiden Ribbon Control, Jika tanda panah di klik maka secara otomatis ribbon akan disembunyikan dan halaman kerja ms. excel 2013 akan diperlebar.
9)      All Select [3], Di ms. excel 2013 ketika mau menyeleksi keseluruhan pointer.
10)  Pointer, merupakan form input variabel karakter untuk bisa digunakan dalam penggunaan suatu rumus.
11)  Colom, merupakan deretan kebawah
12)  Row, merupakan deretan kesamping
13)  Top Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja ms. excel 2013
14)  Down Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja ms. excel 2013
15)  Sheet Control, pada bagian kiri memberikan arahan untuk pindah di Sheet ke kiri satu langkah ketika di klik begitu kebalikannya jika di klik bagian yang kanan.
16)  Sheet Active, menunjukan halaman kerja yang aktif pada ms. Excel 2013.
17)  Plus Sheet, Menambah satu halaman kerja lagi di sisi sebelah kanan Sheet 1, Sheet 2,Sheet 3,Sheet 4 dan seterusnya.
18)  Lift Horizontal Scroll Bar, jika di klik maka Anda akan dibawa ke bagian kiri halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
19)  Rigth Horizontal Scroll Bar, jika di klik maka Anda akan dibawa ke bagian kanan halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
20)  View Mode Tool Bar, Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang di klik.
21)  Zoom Control, memberikan kontrol kepada penggunaan Microsoft excel 2013 untuk memperbesar pointer atau memperkecil pointer.
6.      Pada bagian Quick Tool Bar Anda dapat menggunakannya fungsinya masing-masing sebagai berikut.
a.       Save[4]: Fungsinya menyimpan file yang sudah atau sedang dikerjakan.
b.      Undo[5]: Fungsinya membatalkan perintah terakhir yang diberikan.
c.       Redo[6]: Fungsinya membatalkan Undo.
d.      New[7]: Fungsinya membuat halaman kertas yang baru.
e.       Open[8]: Fungsinya membuka file atau dokumen yang pernah dibuat menggunakan Microsoft Excel 2013.
f.       E-mail: Mengirimkan dokumen melalui e-mail menggunakan jaringan internet ke alamat e-mail yang dikehendaki.
g.      Quick Print: Fungsinya mencetak dokumen atau file ke printer secara cepat dalam bentuk kertas.
h.      Print Preview dan Print: Fungsinya melihat tampilan dokumen sebelum dicetak.
i.        Sort Ascending: Fungsinya mengurutkan data dari yang terkecil sampai hingga yang terbesar.
j.        Sort Descending: Fungsinya mengurutkan data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil.
k.      Spelling: Fungsinya memeriksa ejaan kata pada teks yang kita tulis.
l.        Open Recent File: Fungsinya menampilkan tab menu File.
    7.      Yang pertama adalah menu File, menu ini jika di klik akan muncul layout baru, yang akan menampilkan beberapa menu utama yang berhubungan dengan file Excel yang Anda buka atau yang sedang Anda buat. Berikut ini adalah gambar dan fungsi dari menu yang terdapat pada bar file.
Gambar 5.
a.       Info Informasi tentang workbook.
b.      New Membuat workbook baru.
c.       Open Membuka workbook yang telah tersimpan.
d.      Save Menyimpan workbook yang telah dikerjakan.
e.       Save As Menyimpan workbook dengan mengganti nama file workbook yg akan disimpan.
f.       Print Mencetak workbook.
g.      Share Membagikan workbook pada orang lain/Email.
h.      Export Mengubah workbook ke PDF/XPS.
i.        Close Menutup jendela workbook.
     8.      Selanjutnya tab Home yang terletak di menu bar. Secara default meu bar tab Home terbagi menjadi 7 menu bagian, yaitu: Clipboard, Font, Alignment, Number, Style. Cells, dan Editing. Seperti gambar berikut.
Gambar 6.
1)      Secara umum Clipboard adalah kumpulan icon yang berfungsi dalam urusan temple menempel objek, teks maupun image pada bagian ini ada beberapa sub menu seperti.
Gambar 7.
·         Paste[9] Berguna untuk menempelkan obyek pada suatu tempat (cell). Perintah paste bisa digunakan jika sebelumnya sudah menggunakan Cut atau Copy.
·         Cut[10] berfungsi untuk mengeksekusi sutau obyek baik berupa teks atau image dengan menghilangkan obyek aslinya.
·         Copy[11] fungsinya hampir sama dengan Cut, namun untuk tombol ini tidak menghilangkan obyek aslinya. Untuk menggunakan fungsi diatas lazimnya dengan urutan seperti ini. Select Obyek (teks atau image) - Copy / Cut - Paste.
·         Format Painter, berfungsi untuk menirukan format yang telah disetting sebelumnya, penjelasannya adalah, jika kamu ingin menerapkan setting pada obyek baru tanpa harus setting ulang, letakkan kursor pada obyek yang telah disetting dan tekan Format Painter lalu pindahkan cursor pada obyek yang ingin di samakan setingnya dan tekan Format Painter kembali.
2)      Secara umum Font adalah Icon yang berfungsi untuk mengatur format penulisan suatu obyek baik jenik tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, dan sebagainya. Berikut penjelasannya.
Gambar 8.
·         Font[12] adalah jenis tulisan yang dipakai, umumnya Font default lembar kerja Ms. Excel 2013 adalah Calibri, jika kamu ingin mengubah jenis tulisannya, klik tanda panah dan pilihlah Font sesuai keinginan kamu, lazimnya sebuah tulisan memakai jenis Arial, Times News Romas, Tahoma.
·         Font Size[13] adalah icon yang berfungsi untuk menentukan ukuran Font, secara default berukuran 11.
·         Increase Font Size[14], menentukan besar font dalam sekali klik (1 tingkat pembesaran Font)
·         Decrease Font Size[15] menentukan kecil font dalam sekali klik (1 tingkat pengecilan Font)
·         Bold[16] icon B berguna untuk mengatur ketebalan font.
·         Italic[17] icon I berguna untuk mengatur font menjadi miring kekanan.
·         Underline[18] icon U berguna untuk memberikan garis bawah pada tulisan
·         Borders, berfungsi untuk memunculkan garis pada Cell, bagian ini mempunyai banyak pilihan, kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
·         Fill Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Cell, kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
·         Font Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Font. kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
3)      Alignment secara umum adalah kumpulanicon yang mengatur tata letak penulisan pada cell itu sendiri. Seperti pada gambar berikut.
Gambar 9.
·         Top Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di atas.
·         Middle Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di tengah.
·         Bottom Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di bawah.
·         Align Left, mengatur posisi teks pada cell rata kiri.
·         Center, mengatur posisi teks pada cell tepat ditengah.
·         Align Right, mengatur posisi teks pada cell rata kanan.
·         Orientation, mengatur posisi teks dari kiri kekanan, bawah keatas, atas kebahwah, diagonal dan lain-lain.
·         Decrease Indent, memindahkan teks dalam cell ke kiri.
·         Increase Indent, memindahkan teks dalam cell ke kanan.
·         Wrap Text, berfungsi untuk menentukan letak teks sesuai ukuran cell.
·         Merge & Center, berfungsi untuk menggabungkan beberapa cell menjadi satu cell.
4)      Number semua icon yang terdapat di group Number dapat Anda gunakan untuk mengatur data nomor dala satu cell.
Gambar 10.
·         Number Format, digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Disini Anda dapat memilih opsi format data numeruk sesuai kebutuhan. Ada format Percentage untuk format persentase, dengan format jenis ini Anda dapat langsung menampilkan nilai persentase suatu data numerik tanpa perlu memasukkan rumus tertentu ke dalam cell.
·         Accounting Number Format, digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang. Dengan format ini Anda tidak perlu sibuk lagi mengetik Rp (untuk rupiah). Seleksi daerah cell tertentu, lalu pilih salah satu opsi mata uang tertentu disini. Maka cell yang dipilih tadi akan menampilkan secara otomatis karakter mata uang sesuai yang Anda inginkan.
·         Percent Style, digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.
·         Comma Style, digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
·         Increase Decimal, digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200 –> 1200,0 –> 1200,00 dan seterusnya.
·         Decrease Decimal, digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal. Ini berfungsi kebalikan dari Increase Decimal. Bila dalam satu range terdiri dari angka desimal dengan separasi yang berbeda, Anda dapat menyeragamkannya dengan perintah ini. Misal, {3,9}{3,5}{8,12} maka setelah di-Increase Decimal akan menjadi {3,90}{3,50}{8,12} sehingga separasi desimal menjadi sepadan.
5)      Styles berfungsi untuk memberikan format pada cell.
Gambar 11.
·         Conditional Formatting, digunakan untuk memformat cell sebagai diagram dari data yang terdapat di dalam cell tersebut.
·         Format as Table, dengan menu ini user dapat memformat cell sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
·         Cell Styles, menu ini berfungsi untuk memformat suatu setiap cell sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
6)        Menu Cells ini dapat Anda gunakan untuk melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja excel.
Gambar 12.
·         Insert, dapat Anda gunakan untuk menyisipkan kolom atau baris ceil di tengah-tengah cell yang sudah terisi data. Ini sangat berguna bagi Anda ketika ingin menambahkan barisan cell atau kolom lagi di tengah data yang telah berjejer.
·         Detele, dapat Anda gunakan untuk menghapus baris cell maupun kolom yang sedang aktif. Ini sangat berguna saat Anda merasa perlu ada yang dihapus barisan kolom maupun range data lainnya di tengah lembar kerja. Bila dalam masalah ini Anda menggunakan tombol Delete di keybord, maka yang akan terhapus hanya data dalam cell saja, sementara cellnya tidak ikut terhapus. Dengan perintah Delete disini maka yang terhapus data dan sel terpilih secara bersamaan.
·         Format, dapat Anda gunakan untuk melakukan properti seputar cell dan kolom yang sedang terpilih. Dengan perintah ini Anda dapat mengatur lebar cell maupun lebar kolom yang terseleksi.
7)      Menu Editing berfungsi untuk menjumlahkan data cell yang di pilih secara otomatis mencari dan mengganti data teks atau angka.
·         AutoSum, Icon ini dapat Anda gunakan untuk menjumlahkan data dalam satu range cell yang telah di tentukan.
·         Fill, Icon ini dapat Anda gunakan untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu cell atau range.
·         Clear, Icon ini dapat Anda gunakan untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
·         Sort and Filter, Icon ini dapat Anda gunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
·         Find and Select, Icon ini digunakan untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.
  1. Selanjutnya tab Insert yang terletak di menu bar. Pada menu ini Anda dapat menyisipkan suatu objek ke dalam lembar kerja Anda yang berupa gambar, Chart, smart art, maupun shapes, dan sebagainya. Berikut gambarnya. Menu bar tab Insert terbagi menjadi 9 menu bagian, yaitu: Tables, Illustrations, Add-ins, Chart, Sparklines, Filters, Link, Text, dan Symbol. Seperti pada gambar berikut.
Gambar 13.
1)      Menu Tables ini dapat Anda gunakan untuk membuat grup data.
Gambar 14.
·         Privot Table, disini terdapat dua icon perintah Pivot Table sendiri dan Pivot Chart. Pivot Table digunakan untuk menyisiipkan lembar kerja baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris. Perintah ini digunakan untuk mengkompilasi atau mengelompokkan data sesuai dengan field atau judul tabel di alamat kolom atau di baris cell.
·         Recommended Privot Tables, berfungsi untuk membuat privot table sesuai template yang telah disediakan oleh pengembang.
·         Table, icon ini digunakan untuk menyisipkan tabulasi (table) dari data yang sudah dipilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk disortir atau disaring berdasarkan kriteria tertentu. baik dari urutan abjad A-Z atau Z-A, waktu dll.
2)      Pada menu Illustrations Anda dapat menggunakannya ketika Anda ingin menyisipkan gambar atau bentuk-bentuk yang lainnya.
Gambar 15.
·         Pictures, berfungsi untuk menyisipkan gambar kedalam lembar kerja, sebagai pertimbangan Anda, karena excel bukanlah aplikasi untuk pengolah gambar, usahakan jangan melakukan insert gambar yang berukuran besar, karena dapat memperlambat proses kerja Ms, Excel.
·         Online Picture, fungsinya hampir sama dengan icon picture, namun fungsi ini menyisipkan gambar secara online, sehingga computer Anda harus tersambung dengan internet sebelum menggunakan icon ini, selain itu Anda juga disarankan untuk login sesuai username yang telah Anda daftarkan di akun microsoft.
·         Shapes, umumnya memiliki beberapa bentuk geometris yang berguna untuk menyiyisipkan bentuk-bentuk geomatris tersebut kedalam lembar kerja. Anda dapat memilih dan klik shapes pada icon microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini:
Gambar 16.
·         SmartArt, berfungsi untuk menyisipkan objek kedalam lembar kerja berdasarkan data yang telah di input, bentuk-bentuknya sudah ditetukan, Anda hanya perlu mengisi datanya saja. Anda dapat memilih dan klik SmartArt pada icon Microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini.
Gambar 17.
·         Screenshot, berfungsi untuk menangkap tampilan layar aktif pada windows untuk disisipkan kedalam lembar kerja, screensot default biasanya akan menampilkan seluruh halaman aktif (maximize), untuk membuat screenhot sesuai keinginan Anda gunakan screen clipping (klik screenshot dan pilih Screen Clipping.
3)      Charts ini dapat Anda gunakan untuk menampilkan data ke dalam grafik maupun bentuk grafik lainnya, yang di dalamnya meliputi Column, Line, Pie, Bar, Area, X Y (Scatter), Radar, dan Combo. Berikut gambarnya.
Gambar 18.
Gambar 19.
·         Privot Chart, memiliki fungsi yang sama dengan Privot table. Perbedaanya hanya pada tampilan saja, Privot table mengelompokkan data berdasarkan pada kategori tertentu. Sedangkan Privot Chart mengelompokkan data untuk ditampilkan kedalam bentuk grafik.
4)      Sparklines adalah kumpulan icon yang menampilkan mini chart kedalam sebuah cell dan hanya membutuhkan satu ruang cell saja.
5)      Filters untuk memfilter data yang Anda inginkan. Slicer danTimeline merupakan perpaduan dari Privot table yang dapat Anda gunakan untuk membuat dashboard pengolahan data.
6)      Link/Hyperlink[19] berfungsi ketika Anda ingin membuat link secara internal maupun eksternal dalam lembar kerja dan Anda dapat memasukkan link hamper tidak terbatas.
7)      Text berfungsi ketika Anda ingin menyisipkan objek dalam bentuk teks, diantaranya.
Gambar 20
·         Text Box dapat Anda gunakan untuk menyisipkan teks dalam bentuk boks dan fungsi ini tidak terikat oleh cell.
·         Header & Footer dapat digunakan ketika Anda ingin memberikan nomor halalam pada lembar kerja Anda.
·         WordArt dapat digunkan ketika Anda ingin menyisipkan model teks yang artistik dan ini tidak terikat oleh cell.
·         Signature Line dapat Anda gunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital (yang biasanya dalam bentuk teks) kedalam lembar kerja Anda.
·         Object berfungsi untuk menyisipkan objek yang diintegrasikan dengan aplikasi lain pada lembar kerja. 
8)      Symbols yang di dalamnya terdapat rumus-rumus seperti rumus matematika, fisika, dan symbol-simbol yang biasa digunakan di dunia umumnya.
  1. Selanjutnya tab Page Layout yang terletak di menu bar. Pada menu ini Anda dapat mengatur tata letak maupun tampilan lembar kerja Anda. Menu bar tab Page Layout ini ada 5 icon yaitu: Themes, Page Setup, Scale to Fit, Sheet Options dan Arrange. Seperti pada gambar berikut.
Gambar 21.
1)      Pada menu bar Page Layout ada tab Themes, pada bagian ini dapat Anda gunakan untuk mengubah tampilan yang telah disediakan, merubah font dan warna pada lembar kerja Anda.
Gambar 22.
·   Colors untuk mengatur warna tema pada lembar kerja. Anda juga bisa membuat paduan warna sesuai yang Anda inginkan.
·     Fonts untuk mengatur jenis tulisan tema di lembar kerja sesuai yang Anda inginkan.
·      Effects untuk memberikan efek shape di lembar kerja.
2)      Tab Page Setup dapat membantu Anda untuk mengatur ukuran kertas atau orientasi kertas dan lain-lain. berikut gambarnya.
Gambar 23.
·  Margin mengatur lebar kertas (kiri-kanan-atas-bawah) sesuai yang Anda inginkan.
·  Orientation mengatur posisi kertas, berdiri (Portrait) atau tidur (Landscape) sesuai yang Anda inginkan.
·    Size untuk mengatur ukuraan lembar kerja yang telah Anda buat. Seperti A4, F4 B5 dan sebagainya.
·  Print Area untuk menentukan lembar kerja yang telah Anda buat akan di print pada sheet yang aktif sesuai ynag Anda butuhkan.
·    Breaks untuk memisahkan halaman, kolom teks dan lain-lain.
·    Background untuk menyisipkan gambar pada lembar kerja di bagian belakang.
·   Print Titles digunakan untuk mencetak kolom/baris pada setiap halaman pada jumlah halaman yang banyak sehingga tidak perlu membuat kolom judul pada setiap lembar pada Ms. Excel
3)      Pada tab Scale to Fit ini Anda dapat mengatur lebar, tinggi dan skala lembar kerja. Pada grup ini telah disediakan pengaturan secara otomatis namun jika Anda menginginkan ukuran yang diinginkan Anda dapat merubahnya sendiri.
Gambar 24.
4)      Sheet Options untuk mengatur kondisi lembar kerja dalam satu sheet.
Gambar 25.
·  Gridlines adalah garis bantu yang ada dalam lembar kerja, garis bantu ini bisa Anda hilangkan jika Anda mengosongkan centang (√) pada bagian view yang ada di bawah Gridlines.
·  Headings adalah huruf yang berurutan (pada bagian atas) dan angka yang berurutan (pada bagian samping kiri) yang berguna untuk memberikan alamat pada satu cell, jika Anda ingin menghilangkannya dari tampilan monitor maka Anda cukup klik/memberi centang (√)  pada kolom view yang tepat berada di bawah Heading.
5)  Teb menu Arrange ini membantu Anda untuk mengatur letak posisi objek diantara teks, posisi objek dengan objek lainnya atau mengatur aliansi objek pada halaman dokumen.
Gambar 26.
  1. Menu Formula didalamnya mengelola aplikasi Ms. Excel. Tab Formula ini berisi 4 grup icon diantaranya Function Library, Defined Name, Formula Editing dan Calculation. Seperti gambar di bawah ini.
Gambar 27.

1)      Function Library berisi kumpulan icon aktif yang dapat Anda gunakan untuk memasukan formula (rumus) ke dalam lembar kerja anda.
Gambar 28.
·         Insert Function[20] membantu Anda untuk memasukkan fungsi formula (rumus) yang diinginkan kedalam cell. 
·         Autosum[21] membantu Anda untuk melakukan penghitungan cepat, namun secara default fungsi ini hanya untuk formula SUM, AVERAGE (rata-rata) MAX (nilai terbesar), MIN (nilai terkecil), dan COUNT. 
·         Recently Used, yang berfungsi untuk menggunakan formula yang pernah atau sering Anda gunakan, rumus-rumus yang pernah Anda gunakan akan terecord disini. 
·         Financial, membantu Anda untuk memasukkan fungsi formula (rumus) keuangan. 
·         Logical, membantu Anda untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan logika, seperti IF (jika). 
·         Text berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan teks.
·    Date & Time, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan waktu yang akan Anda atur. 
·    Lookup & Reference, berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan lookup (melihat) dan referensi. 
·    Math & Trig, berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan ilmu pasti dan trigonometri.
·  More Function, berfungsi untuk memasukkan fungsi-fungsi formula lain sesuai kebutuhan Anda.
2)      Defined Names membantu Anda untuk mendefinisikan cell maupun range atau dapat pula untuk membuat sebuah sistem penamaan pada cell atau range yang Anda inginkan.
Gambar 29.
·  Name Manager, dapat membantu Anda ketika ingin mengatur/merubah bahkan memperbaiki sebuah cell atau range pada lembar kerjayang telah dibuat.
·     Define Name dapat membantu Anda ketika ingin merubah/memperbaiki nama sebuah cell atau range pada lembar kerja yang telah dibuat.
·      Use in Formula dapat membantu Anda ketika ingin mengetahui nama sebuah cell atau range yang sedang digunakan pada formula.
·     Create from Selection dapat membantu Anda untuk membuat nama sebuah cell atau range yang dipilih pada lembar kerja.
3)      Formula Auditing menu ini membantu Anda untuk menampilkan, memeriksa serta dapat mengedit formula yang digunakan pada suatu cell. Berikut gambarnya.
Gambar 30.
·  Trace Precedents membantu Anda dalam menampilkan yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
· Trace Dependents membantu Anda dalam menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan cell yang telah terisi.
·  Remove Arrows berfungsi ketika Anda ingin menghilangkan efek anak panah dari Trace Precendents dan Trace Dependents.
·  Show Formulas[22] membantu Anda ketika ingin menampilkan formula pada setiap cell yang menggunakan formula.
·  Error Checking untuk memeriksa jika ada formula yang salah pada lembar kerja Anda.
·  Evaluate Formula yang menampilkan sebuah kotak dialog yang berisi di dalamnya step by step cara kerja sebuah formula.
·  Watch Window yang menampilkan sebuah kotak dialog yang berfungsi untuk mengawasi beberapa cell ketika dilakukan sebuah perubahan pada lembar kerja Anda.
4)      Calculation membantu Anda untuk melakukan kalkulasi pada Workbook 
Gambar 31.
· Calculation Options membantu Anda untuk menentukan kapan kalkulasi/hitungan dilakukan.
·  Calculate Now membantu Anda untuk menghitung/mengkalkulasi data pada workbook yang sedang Anda kerjakan.
·   Calculate Sheet membantu Anda untuk menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.
  1. Menu Data ini membantu Anda ketika ingin mengurutkan data pada tabel yang masih urutannya acak sesuai kriteria yang Anda inginkan secara otomatis. Berikut gambarnya. Tab Data terbagi menjadi 5 group icon, diantaranya adalah Get External Data, Connections, Sort & Filter, Data Tools, dan Outline.
Gambar 32.
1)   Get External Data kumpulan icon aktif yang dapat membantu Anda untuk mengambil data dari data eksternal yang kemudian diolah ke dalam sebuah dokumen lembar kerja excel Anda.
Gambar 33.
·  From Access membantu Anda untuk memasukan data dari Microsoft Access.
·  From Web dapat Anda gunakan untuk memasukan data dari web, yang merupakan salah satu syarat agar dapat langsung digunakan dengan melalui online.
·  From Text untuk memasukan data dari teks.
·   From Other Sources untuk memasukan data yang sumbernya dari yang lain.
·  Existing Connections untuk memasukan data yang dari sumber yang pernah/telah digunakan sebelumnya.
2)  Connections merupakan kumpulan icon aktif yang digunakan untuk mengolah data-data yang sudah diambil sebelumnya.

Gambar 34.
·  Refresh All untuk menyegarkan data-data (update) yang telah Anda ambil dari sumber lain sebelumnya.
·  Connections menmpilkan semua koneksi yang ada pada workbook (lembar kerja). Sehingga Anda dapat mengetahui dari mana saja sumber-sumber data yang telah me-link ke workbook tersebut.
·   Properties mengatur/spesifikasi jenis data yang sedang terhubung pada workbook.
·   Edit Link digunakan ketika Anda ingin mengedit link yang telah dibuat.
3) Sort & Filter dapat Anda gunakan ketika ingin mengelompokan data berdasarkan spesifikasi yang Anda harapkan, group ini dapat mempermudah Anda/pengguna untuk menyajikan data agar mudah dipahami.
Gambar 35.
·  Sort A-Z membantu ketika Anda ingin mengurutkan data pada cell dari yang terbesar kepada yang terkecil atau dari huruf A sampai Z.
·  Sort Z-A membantu ketika Anda ingin mengurutkan data pada cell dari yang terkecil kepada yang terbesar atau dari huruf Z sampai A.
·  Sort untuk menampilkan kotak dialog sort dengan tampilan yang lebih lengkap.
·  Filter untuk melakukan penyaringan data pada cell sesuai yang Anda inginkan.
·  Clear mengaktifkan/mengnonaktifkan filter dan sort pada data.
·  Reapply mengaplikasikan kembali filter atau sort pada kolom cell atau range.
·   Advanced untuk melakukan filter secara lebih spesifik.
4)      Data Tools untuk melakukan pengolahan atau validasi data di cell yang sedang Anda kerjakan.
Gambar 36.
· Text to Columns membantu Anda untuk melakukan pengolahan teks atau data pada cell untuk dipisahkan pada format yang ada yaitu dapat menjadi beberapa kolom.
· Flash Fill menggabungkan dua/lebih kata yang terdapat dalam dua/lebih cell menjadi satu cell.
· Remove Duplicate untuk menghilangkan data yang ada pada baris ganda atau baris yang terduplikasi.
· Data Validation membantu Anda untuk mengecek serta mencegah data terlebih dahulu yang tidak valid dimasukkan ke dalam data cell.
· Consolidate membantu Anda untuk menyatukan beberapa range kedalam satu range.
· What-If Analysis menganalisis/mencoba beberapa alternatif nila pada formula.
5) Outline ini membantu Anda untuk mengelompokkan beberapa baris cell menjadi kelompok yang lebih sederhana.
Gambar 37.
·  Group mengelompokkan beberapa baris cell yang panjang menjadi kelompok yang lebih pendek.
· Ungroup merupakan kebalikan dari group, untuk menampilkan baris data yang sebelumnya sudah di grup-kan.
· Subtotal menghitung total beberapa baris data yang telah berhubungan.
  1. Menu Review ini membantu Anda salah satunya untuk menyediakan informasi untuk memeriksa ejaan penulisan, menterjemahkan penulisan kedalam bahasa lain, memberikan catatan (penjelasan) yang ada dalam cell dan melindungi cell, sheet maupun workbook melalui melalui password. Tab Review memiliki 4 group icon aktif, diantaranya Proofing, Language, Comment dan Changes Berikut gambarnya.
Gambar 38
1)      Proofing mengontrol spelling dan ejaan pada data, mencari data dari berbagai sumber data serta mencari arti kata dari dalam kamus.
Gambar 39.
·   Spelling membantu Anda untuk mengecek ejaan teks yang benar sesuai dengan kamus di Microsoft excel 2013, secara default kamus yang telah disediakan berbahasa inggris, namun Anda dapat melakukan penambahan bahasa Indonesia.
·  Research membantu Anda untuk menampilkan kotak dialog (terletak dikanan jika diklik) kamus untuk dijadikan referensi penulisan ejaan yang benar.
·   Thesaurus membantu Anda untuk menampilkan alternatif kata dari teks yang diketikkan di cell.
2) Language membantu Anda untuk menterjemahkan kata-kata yang telah dimasukan kedalam cell, dari bahasa satu ke bahasa yang lainnya.
Gambar 40.
3)      Comment untuk menyisipkan komentar atau catatan di dalam cell.
Gambar 41.
·  New Comment untuk menambahkan komentar baru dalam cell yang sebelumnya tidak ada komentar.
·  Delete untuk menghapus komentar dalam cell (jika sebelumnya telah dimasukkan).
·   Previous untuk melihat komentar sebelumnya.
·  Next untuk melihat komentar selanjutnya.
· Show/Hide Comment menampilkan/menyembunyikan komentar yang telah dibuat agar dapat tampil secara otomatis tanpa harus diklik.
· Show All Comment menampilkan semua komentar yang telah dibuat agar dapat tampil secra otomatis tanpa harus diklik.
·  Show Ink menampilkan/menyembunyikan ink di dalam cell.
4)  Changes untuk melindungi sheet atau workbook Anda dengan password sesuai kriteria yang Anda inginkan.
Gambar 42.
· Protect Sheet dapat Anda gunakan untuk mengunci sheet dengan menggunakan password.
·   Protect Workbook dapat Anda gunakan untuk mengunc workbook dengan menggunakan password.
· Share Workbook Anda dapat berbagi workbook dengan orang lain, sehingga memungkinkan akan di edit oleh beberapa orang.
·  Protect and Share Workbook untuk mengunci dan berbagi workbook.
·   Allow Users to Edit Ranges Anda dapat memberikan hak akses kepada orang lain agar dapat melakukan edit range.
·  Track Changes untuk menelusuri sejauh mana perubahan yang dilakukan jika workbook telah digunakan secara bersama-sama.
  1. Menu View ini membantu Anda untuk melihat tampilan excel untuk disesuaikan dengan hasil printout, memperbesar tampilan kerja, menampilkan lembar kerja sesuai yang Anda inginkan serta untuk emlakukan property lembar kerja dengan fasilitas visual basic. Tab View memiliki 5 group icon aktif, diantaranya Workbook Views, Show, Zoom, Window dan Macros Berikut gambarnya.
Gambar 43.
1)      Workbook Views Anda dapat melihat dan mengatur tampilan workbook sesuai yamg diinginkan, tampilan ini juga yang akan membantu Anda untuk melihat tampilan lembar kerja sebelum di printout.
Gambar 44.
·  Normal untuk melihat tampilan workbook secara normal.
· Page Break Preview untuk melihat tampilan workbook dengan garis pemisah antar halaman satu dengan yang selanjutnya.  
· Page Layout untuk menampilkan lembar kerja berdasarkan lembar masing-masing, tampilan ini akan sesuai ketika Anda telah melakukan printout lembar kerja tersebut.
·   Custom Views berfungsi untuk menampilkan, menambah dan menyimpan hasil settingan yang telah dilakukan.
2) Show berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan garis, kotak formula, kotak heading didalam lembar kerja Anda.
Gambar 45.
·   Ruler Anda dapat memilih apakah akan menampilkan/menyembunyikan garis.
· Gridlines Anda dapat memilih menampilkan/menyembunyikan garis bantu pada lembar kerja.
·   Formula Bar menampilkan/menyembunyikan kotak formula pada lembar kerja.
·   Heading menampilkan/menyembunyikan kotak heading pada lembar kerja.
3)      Zoom Anda dapat meilih untuk memperbesar/memperkecil tampilan lembar kerja sesuai yang Anda inginkan.
Gambar 46.
·   Zoom memperbesar dan meperkecil tampilan sesuai yang Anda inginkan. Ketika Anda klik zoom maka akan tampil dialog pilihan ukuran diantaranya, 200%, 100% 75%, 50%, 25%, fii selection (sesuai lebar windows) dan costum (sesuai keinginan Anda).
·   100% untuk mengembalikan ukuran tampilan ke 100% dengan hanya satu kali klik saja.
·  Zoom to Selection untuk memperbesar atau memperkecik sesuai dengan bidang seleksi kursor.
4)      Window untuk mengelola tampilan lembar kerja Anda agar dapat menyesuaikan dengan tampilan windows dan dapat membuat dokumen yang baru.
Gambar 47.
·   New Window untuk membantu Anda dalam membuat dokumen baru.
·  Arrange All dapat membantu jika Anda menginginkan jendela program dapat sejajar secara berdampingan.
·  Freeze Panes untuk membuat sebagian lembar kerja Anda agar tetap terlihat saat melakukan scrool mouse (menggulung).
·  Split untuk membagi lembar kerja Anda menjadi beberapa bagian.
·  Hide untuk menyembunyikan lembar kerja yang telah Anda pilih.
· Unhide untuk menampilkan kembali lembar kerja yang sebelumnya Anda sembunyikan.
· View Slide by Slide untuk menampilkan dua/lebih workbook yang sedang aktif secara berdampingan.
· Synchronous Scrolling untuk mengsinkronkan dua lembar kerja agar dapat menggulung secara bersamaan ketika Anda melakukan scrool.
·  Reset Window Position memposisikan ulang jendela lembar kerja Anda yang telah berdampingan.
· Switch Window untuk memindahkan dari satu jendela aktif kepada jendela aktif lainnya.
5)      Macros untuk memperlihatkan macros pada lembar kerja Anda.
Gambar 48.


[1] Tugas Mata Kuliah Media Tabligh Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018.
[2] Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, NIM 1164020163.
[3] Cara cepat untuk memblok semua dokumen dengan menekan CTRL + A
[4] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + S
[5] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + Z
[6] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + Y
[7] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + N
[8] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + O
[9] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + V
[10] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + X
[11] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + C
[12] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + Shift + F
[13] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + Shift + P
[14] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + >
[15] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + <
[16] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + B
[17] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + I
[18] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL + U
[19] Dapat juga dengan menekan CTRL + K
[20] Cara cepat dapat dengan menekan Shift + F3
[21] Cara cepat dapat dengan menekan Alt + =
[22] Anda dapat pula dengan menekan CTRL + ‘

Komentar