Tutorial Microsoft excel ini merupakan panduan untuk mempelajari
dan mempraktikan tatacara dan tahapan-tahapan dalam pengolahan data secara
otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar rumus, pemakaian fungsi-fungsi,
pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan manajemen data. Agar mudah
dipahami Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Nyalakan laptop dengan menekan tombol Power
yang biasanya terdapat di pojok kanan/kiri atas.
2.
Setelah
laptop Anda menyala, maka akan tampil layar Desktop seperti pada gambar
berikut.
Gambar 1.
3.
Untuk
membuka atau menjalankan program aplikasi Microsoft Excel Anda dapat
pilih dan klik tombol Start yang ada di pojok kiri bawah layar laptop
Anda, kemudian pilih dan klik Icon Excel seperti pada gambar berikut.
Gambar 2.
4.
Setelah
klik Icon Microsoft Excel hingga muncul blank document kemudian pilih
dan klik Blank
workbook dan
Anda siap untuk mengetik sebagai kegiatan input data.
Gambar 3.
5.
Kemudian
Anda akan mendapati halaman kosong Workbook Excel seperti pada gambar berikut.
Gambar 4.
1)
Quick Tool Bar, Merupak tool yang
disediakan di halaman kerja Ms. Excel 2013 untuk memudahkan pengguna menyimpan dan
menggunakan tool lain yang telah di set didalamnya.
2)
Title Bar, Merupakan Judul
dari halaman kerja pada saat mengedit. Jika dokumen ms. excel 2013 disimpan dengan nama terterntu. Misalkan
disimpan dengan nama "Tutorial Microsoft Excel Media
Tabligh" maka pada title bar juga akan berubah sesuai dengan
nama tadi.
3)
Menu Bar, Pada bagian ini semua
pengaturan ditempatkan, baik itu edit sampai pada formula. Semua disediakan
disini. Akan tetapi Anda bisa langsung menempatkan tool yang ada di tempatkan
di Quick tool bar, atau juga telah disediakan di Ribbon.
4)
Windws Control, Pada halaman kerja
Microsoft excel 2013 windows kontrol berfungsi sebagaimana windows control programs yang ada di windows. yaitu
berfungsi untuk meminimaz windows, atau maksimalkan jendela kerja.
5)
Ribbon, pada bagian ini isi
sebenarnya juga hampir sama seperti Menu bar, yaitu letak kumpulan berbagai
tool untuk mengedit atau bekerja di halaman kerja Microsoft excel 2013.
6)
Name Box, Menunjukan posisi pointer
berada, jadi dimana ketika Anda memindahkan pointer ke letak yang lain secara otomatis
Name Box ini berubah.
7)
Format Bar, Merupakan form edit
formula tambah kurang rata-rata dan lain sebagainya untuk mendapatkan suatu
hasil dari logika yang di ketikan didalamnya.
8)
Hiden Ribbon Control, Jika tanda panah di
klik maka secara otomatis ribbon akan disembunyikan dan halaman kerja ms. excel
2013 akan diperlebar.
10) Pointer, merupakan form input
variabel karakter untuk bisa digunakan dalam penggunaan suatu rumus.
11) Colom, merupakan deretan kebawah
12) Row, merupakan deretan
kesamping
13) Top
Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja ms.
excel 2013
14) Down Vertical
Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja
ms. excel 2013
15) Sheet
Control, pada bagian kiri memberikan arahan untuk pindah di Sheet ke kiri
satu langkah ketika di klik begitu kebalikannya jika di klik bagian yang kanan.
16) Sheet
Active,
menunjukan halaman kerja yang aktif pada ms. Excel 2013.
17) Plus
Sheet,
Menambah satu halaman kerja lagi di sisi sebelah kanan Sheet 1, Sheet
2,Sheet 3,Sheet 4 dan seterusnya.
18) Lift
Horizontal Scroll Bar, jika di klik maka Anda akan dibawa ke bagian kiri halaman kerja
yang sebelumnya tidak terlihat.
19) Rigth Horizontal
Scroll Bar, jika di klik maka Anda akan dibawa ke bagian kanan halaman
kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
20) View
Mode Tool Bar, Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model
tampilan yang di klik.
21) Zoom
Control, memberikan kontrol kepada penggunaan Microsoft excel 2013 untuk memperbesar pointer atau
memperkecil pointer.
6.
Pada bagian Quick Tool Bar Anda dapat menggunakannya
fungsinya masing-masing sebagai berikut.
e.
Open[8]: Fungsinya membuka file
atau dokumen yang pernah dibuat menggunakan Microsoft Excel 2013.
f.
E-mail: Mengirimkan dokumen melalui e-mail menggunakan
jaringan internet ke alamat e-mail yang dikehendaki.
g.
Quick Print: Fungsinya mencetak dokumen atau file ke
printer secara cepat dalam bentuk kertas.
h.
Print Preview dan Print: Fungsinya melihat tampilan
dokumen sebelum dicetak.
i.
Sort Ascending: Fungsinya mengurutkan data dari yang terkecil
sampai hingga yang terbesar.
j.
Sort Descending: Fungsinya mengurutkan
data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil.
k.
Spelling: Fungsinya memeriksa ejaan kata pada teks yang
kita tulis.
l.
Open Recent File: Fungsinya menampilkan
tab menu File.
7.
Yang
pertama adalah menu File, menu ini jika di klik akan muncul layout baru,
yang akan menampilkan beberapa menu utama yang berhubungan dengan file Excel
yang Anda buka atau yang sedang Anda buat. Berikut ini adalah gambar dan fungsi
dari menu yang terdapat pada bar file.
Gambar 5.
a.
Info Informasi tentang workbook.
b.
New Membuat workbook baru.
c.
Open Membuka workbook yang telah tersimpan.
d.
Save Menyimpan workbook yang telah dikerjakan.
e.
Save As Menyimpan workbook dengan mengganti nama file workbook yg
akan disimpan.
f.
Print Mencetak workbook.
g.
Share Membagikan workbook pada orang lain/Email.
h.
Export Mengubah workbook ke PDF/XPS.
i.
Close Menutup jendela workbook.
8.
Selanjutnya
tab Home yang terletak di menu bar. Secara default meu bar tab Home
terbagi menjadi 7 menu bagian, yaitu: Clipboard, Font, Alignment, Number,
Style. Cells, dan Editing. Seperti gambar berikut.
Gambar 6.
1)
Secara
umum Clipboard adalah kumpulan icon yang berfungsi dalam urusan temple
menempel objek, teks maupun image pada bagian ini ada beberapa sub menu
seperti.
Gambar
7.
·
Paste[9] Berguna untuk
menempelkan obyek pada suatu tempat (cell). Perintah paste bisa digunakan jika
sebelumnya sudah menggunakan Cut atau Copy.
·
Cut[10] berfungsi untuk
mengeksekusi sutau obyek baik berupa teks atau image dengan menghilangkan obyek
aslinya.
·
Copy[11] fungsinya hampir sama
dengan Cut, namun untuk tombol ini tidak menghilangkan obyek aslinya.
Untuk menggunakan fungsi diatas lazimnya dengan urutan seperti ini. Select
Obyek (teks atau image) - Copy / Cut - Paste.
·
Format Painter, berfungsi untuk menirukan format yang telah
disetting sebelumnya, penjelasannya adalah, jika kamu ingin menerapkan setting
pada obyek baru tanpa harus setting ulang, letakkan kursor pada obyek yang
telah disetting dan tekan Format Painter lalu pindahkan cursor pada obyek yang
ingin di samakan setingnya dan tekan Format Painter kembali.
2)
Secara
umum Font adalah Icon yang berfungsi untuk mengatur format penulisan
suatu obyek baik jenik tulisan, ukuran tulisan, warna tulisan, dan sebagainya.
Berikut penjelasannya.
Gambar
8.
·
Font[12] adalah jenis tulisan
yang dipakai, umumnya Font default lembar kerja Ms. Excel 2013 adalah Calibri,
jika kamu ingin mengubah jenis tulisannya, klik tanda panah dan pilihlah Font
sesuai keinginan kamu, lazimnya sebuah tulisan memakai jenis Arial, Times News
Romas, Tahoma.
·
Font Size[13] adalah icon yang
berfungsi untuk menentukan ukuran Font, secara default berukuran 11.
·
Borders, berfungsi untuk memunculkan garis pada Cell,
bagian ini mempunyai banyak pilihan, kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
·
Fill Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Cell,
kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
·
Font Color, berfungsi untuk memberikan warna pada Font.
kamu bisa memilih berbagai pilihan warna yang telah disediakan.
3)
Alignment secara umum adalah kumpulanicon yang mengatur tata letak
penulisan pada cell itu sendiri. Seperti pada gambar berikut.
Gambar 9.
·
Top Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di atas.
·
Middle Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di tengah.
·
Bottom Align, mengatur posisi teks pada cell tepat di bawah.
·
Align Left, mengatur posisi teks pada cell rata kiri.
·
Center, mengatur posisi teks pada cell tepat ditengah.
·
Align Right, mengatur posisi teks pada cell rata kanan.
·
Orientation, mengatur posisi teks dari kiri kekanan, bawah
keatas, atas kebahwah, diagonal dan lain-lain.
·
Decrease Indent, memindahkan teks dalam
cell ke kiri.
·
Increase Indent, memindahkan teks dalam
cell ke kanan.
·
Wrap Text, berfungsi untuk menentukan letak teks sesuai
ukuran cell.
·
Merge & Center, berfungsi untuk menggabungkan
beberapa cell menjadi satu cell.
4)
Number semua icon yang terdapat di group Number dapat Anda gunakan
untuk mengatur data nomor dala satu cell.
Gambar
10.
·
Number Format, digunakan untuk mengatur format tertentu pada
data jenis numerik yang terdapat dalam cell. Disini Anda dapat memilih opsi
format data numeruk sesuai kebutuhan. Ada format Percentage untuk format
persentase, dengan format jenis ini Anda dapat langsung menampilkan nilai
persentase suatu data numerik tanpa perlu memasukkan rumus tertentu ke dalam
cell.
·
Accounting Number Format, digunakan untuk
mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang. Dengan format ini Anda
tidak perlu sibuk lagi mengetik Rp (untuk rupiah). Seleksi daerah cell
tertentu, lalu pilih salah satu opsi mata uang tertentu disini. Maka cell yang
dipilih tadi akan menampilkan secara otomatis karakter mata uang sesuai yang
Anda inginkan.
·
Percent Style, digunakan untuk memformat suatu data numerik
dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel
yang telah diformat.
·
Comma Style, digunakan untuk menampilkan angka desimal
sebagai angka bulat.
·
Increase Decimal, digunakan untuk
menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal. Misal, 1200
–> 1200,0 –> 1200,00 dan seterusnya.
·
Decrease Decimal, digunakan untuk
mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal. Ini berfungsi
kebalikan dari Increase Decimal. Bila dalam satu range terdiri dari angka
desimal dengan separasi yang berbeda, Anda dapat menyeragamkannya dengan
perintah ini. Misal, {3,9}{3,5}{8,12} maka setelah di-Increase Decimal akan
menjadi {3,90}{3,50}{8,12} sehingga separasi desimal menjadi sepadan.
5)
Styles berfungsi untuk memberikan format pada cell.
Gambar 11.
·
Conditional Formatting, digunakan untuk
memformat cell sebagai diagram dari data yang terdapat di dalam cell tersebut.
·
Format as Table, dengan menu ini user
dapat memformat cell sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang
spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas
officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan
terbentuk.
·
Cell Styles, menu ini berfungsi untuk memformat suatu
setiap cell sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
6)
Menu Cells ini dapat Anda gunakan untuk
melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja excel.
Gambar
12.
·
Insert, dapat Anda gunakan untuk menyisipkan kolom
atau baris ceil di tengah-tengah cell yang sudah terisi data. Ini sangat
berguna bagi Anda ketika ingin menambahkan barisan cell atau kolom lagi di
tengah data yang telah berjejer.
·
Detele, dapat Anda gunakan untuk menghapus baris cell
maupun kolom yang sedang aktif. Ini sangat berguna saat Anda merasa perlu ada
yang dihapus barisan kolom maupun range data lainnya di tengah lembar kerja.
Bila dalam masalah ini Anda menggunakan tombol Delete di keybord, maka yang
akan terhapus hanya data dalam cell saja, sementara cellnya tidak ikut
terhapus. Dengan perintah Delete disini maka yang terhapus data dan sel
terpilih secara bersamaan.
·
Format, dapat Anda gunakan untuk melakukan properti
seputar cell dan kolom yang sedang terpilih. Dengan perintah ini Anda dapat
mengatur lebar cell maupun lebar kolom yang terseleksi.
7)
Menu Editing berfungsi untuk menjumlahkan data cell
yang di pilih secara otomatis mencari dan mengganti data teks atau angka.
·
AutoSum, Icon ini dapat Anda gunakan untuk menjumlahkan
data dalam satu range cell yang telah di tentukan.
·
Fill, Icon ini dapat Anda gunakan untuk membuat deret
data dalam suatu range, menyalin isi data suatu cell atau range.
·
Clear, Icon
ini dapat Anda gunakan untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang
dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
·
Sort and Filter, Icon ini dapat Anda gunakan untuk mengurutkan
data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
·
Find and Select, Icon ini digunakan untuk mencari dan mengganti data
secara otomatis.
- Selanjutnya tab Insert yang
terletak di menu bar. Pada menu ini Anda dapat menyisipkan suatu objek ke
dalam lembar kerja Anda yang berupa gambar, Chart, smart art, maupun
shapes, dan sebagainya. Berikut gambarnya. Menu bar tab Insert
terbagi menjadi 9 menu bagian, yaitu: Tables, Illustrations, Add-ins,
Chart, Sparklines, Filters, Link, Text, dan Symbol. Seperti pada
gambar berikut.
Gambar 13.
1)
Menu Tables
ini dapat Anda gunakan untuk membuat grup data.
Gambar 14.
·
Privot Table, disini terdapat dua icon perintah Pivot Table
sendiri dan Pivot Chart. Pivot Table digunakan untuk menyisiipkan lembar kerja
baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris. Perintah ini digunakan untuk
mengkompilasi atau mengelompokkan data sesuai dengan field atau judul tabel di
alamat kolom atau di baris cell.
·
Recommended Privot Tables, berfungsi untuk
membuat privot table sesuai template yang telah disediakan oleh pengembang.
·
Table, icon ini digunakan untuk menyisipkan tabulasi
(table) dari data yang sudah dipilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah
untuk disortir atau disaring berdasarkan kriteria tertentu. baik dari urutan
abjad A-Z atau Z-A, waktu dll.
2)
Pada
menu Illustrations Anda dapat menggunakannya ketika Anda ingin
menyisipkan gambar atau bentuk-bentuk yang lainnya.
Gambar 15.
·
Pictures, berfungsi untuk menyisipkan gambar kedalam
lembar kerja, sebagai pertimbangan Anda, karena excel bukanlah aplikasi untuk
pengolah gambar, usahakan jangan melakukan insert gambar yang berukuran besar,
karena dapat memperlambat proses kerja Ms, Excel.
·
Online Picture, fungsinya hampir sama dengan icon picture,
namun fungsi ini menyisipkan gambar secara online, sehingga computer Anda harus
tersambung dengan internet sebelum menggunakan icon ini, selain itu Anda juga
disarankan untuk login sesuai username yang telah Anda daftarkan di akun
microsoft.
·
Shapes, umumnya memiliki beberapa bentuk geometris
yang berguna untuk menyiyisipkan bentuk-bentuk geomatris tersebut kedalam
lembar kerja. Anda dapat memilih dan klik shapes pada icon microsoft excel 2013
untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini:
Gambar 16.
·
SmartArt, berfungsi untuk menyisipkan objek kedalam
lembar kerja berdasarkan data yang telah di input, bentuk-bentuknya sudah
ditetukan, Anda hanya perlu mengisi datanya saja. Anda dapat memilih dan klik
SmartArt pada icon Microsoft excel 2013 untuk memunculkan seperti gambar
dibawah ini.
Gambar 17.
·
Screenshot, berfungsi untuk menangkap tampilan layar aktif
pada windows untuk disisipkan kedalam lembar kerja, screensot default biasanya
akan menampilkan seluruh halaman aktif (maximize), untuk membuat screenhot
sesuai keinginan Anda gunakan screen clipping (klik screenshot dan pilih Screen
Clipping.
3)
Charts ini dapat Anda gunakan untuk menampilkan data ke
dalam grafik maupun bentuk grafik lainnya, yang di dalamnya meliputi Column,
Line, Pie, Bar, Area, X Y (Scatter), Radar, dan Combo. Berikut gambarnya.
Gambar 18.
Gambar 19.
·
Privot Chart, memiliki fungsi yang sama dengan Privot table.
Perbedaanya hanya pada tampilan saja, Privot table mengelompokkan data
berdasarkan pada kategori tertentu. Sedangkan Privot Chart
mengelompokkan data untuk ditampilkan kedalam bentuk grafik.
4)
Sparklines adalah kumpulan icon yang menampilkan mini
chart kedalam sebuah cell dan hanya membutuhkan satu ruang cell saja.
5)
Filters untuk memfilter data yang Anda inginkan. Slicer
danTimeline merupakan perpaduan dari Privot table yang dapat
Anda gunakan untuk membuat dashboard pengolahan data.
6)
Link/Hyperlink[19] berfungsi ketika Anda
ingin membuat link secara internal maupun eksternal dalam lembar kerja dan Anda
dapat memasukkan link hamper tidak terbatas.
7)
Text berfungsi ketika Anda ingin menyisipkan objek
dalam bentuk teks, diantaranya.
Gambar 20
·
Text Box dapat Anda gunakan untuk menyisipkan teks dalam
bentuk boks dan fungsi ini tidak terikat oleh cell.
·
Header & Footer dapat digunakan ketika
Anda ingin memberikan nomor halalam pada lembar kerja Anda.
·
WordArt dapat digunkan ketika Anda ingin menyisipkan
model teks yang artistik dan ini tidak terikat oleh cell.
·
Signature Line dapat Anda gunakan untuk
menyisipkan tanda tangan digital (yang biasanya dalam bentuk teks) kedalam
lembar kerja Anda.
·
Object berfungsi untuk menyisipkan objek yang
diintegrasikan dengan aplikasi lain pada lembar kerja.
8)
Symbols yang di dalamnya terdapat rumus-rumus seperti
rumus matematika, fisika, dan symbol-simbol yang biasa digunakan di dunia
umumnya.
- Selanjutnya tab Page Layout
yang terletak di menu bar. Pada menu ini Anda dapat mengatur tata letak
maupun tampilan lembar kerja Anda. Menu bar tab Page Layout ini ada
5 icon yaitu: Themes, Page Setup, Scale to Fit, Sheet Options dan Arrange.
Seperti pada gambar berikut.
Gambar 21.
1)
Pada menu bar Page Layout ada tab Themes,
pada bagian ini dapat Anda gunakan untuk mengubah tampilan yang telah
disediakan, merubah font dan warna pada lembar kerja Anda.
Gambar 22.
· Colors untuk mengatur warna tema pada lembar kerja.
Anda juga bisa membuat paduan warna sesuai yang Anda inginkan.
· Fonts untuk mengatur jenis tulisan tema di lembar
kerja sesuai yang Anda inginkan.
· Effects untuk memberikan efek shape di lembar kerja.
2)
Tab Page Setup dapat membantu Anda untuk
mengatur ukuran kertas atau orientasi kertas dan lain-lain. berikut gambarnya.
Gambar 23.
· Margin mengatur lebar kertas (kiri-kanan-atas-bawah)
sesuai yang Anda inginkan.
· Orientation mengatur posisi kertas, berdiri (Portrait)
atau tidur (Landscape) sesuai yang Anda inginkan.
· Size untuk mengatur ukuraan lembar kerja yang telah
Anda buat. Seperti A4, F4 B5 dan sebagainya.
· Print Area untuk menentukan lembar kerja yang telah Anda
buat akan di print pada sheet yang aktif sesuai ynag Anda butuhkan.
· Breaks untuk memisahkan halaman, kolom teks dan
lain-lain.
· Background untuk menyisipkan gambar pada lembar kerja di
bagian belakang.
· Print Titles digunakan untuk mencetak kolom/baris pada
setiap halaman pada jumlah halaman yang banyak sehingga tidak perlu membuat kolom judul pada setiap lembar
pada Ms. Excel
3)
Pada tab Scale to Fit ini Anda dapat
mengatur lebar, tinggi dan skala lembar kerja. Pada grup ini telah disediakan
pengaturan secara otomatis namun jika Anda menginginkan ukuran yang diinginkan
Anda dapat merubahnya sendiri.
Gambar 24.
4)
Sheet Options untuk mengatur kondisi lembar kerja dalam satu
sheet.
Gambar 25.
· Gridlines adalah garis bantu yang ada dalam lembar kerja,
garis bantu ini bisa Anda hilangkan jika Anda mengosongkan centang (√) pada
bagian view yang ada di bawah Gridlines.
· Headings adalah huruf yang berurutan (pada bagian atas)
dan angka yang berurutan (pada bagian samping kiri) yang berguna untuk
memberikan alamat pada satu cell, jika Anda ingin menghilangkannya dari
tampilan monitor maka Anda cukup klik/memberi centang (√) pada kolom view yang tepat berada di
bawah Heading.
5) Teb menu Arrange
ini membantu Anda untuk mengatur letak posisi objek diantara teks, posisi objek
dengan objek lainnya atau mengatur aliansi objek pada halaman dokumen.
Gambar 26.
- Menu
Formula didalamnya mengelola aplikasi Ms. Excel. Tab Formula
ini berisi 4 grup icon diantaranya Function
Library, Defined Name, Formula Editing dan Calculation. Seperti gambar di bawah ini.
Gambar 27.
1)
Function Library berisi kumpulan icon aktif yang dapat Anda gunakan untuk memasukan formula
(rumus) ke dalam lembar kerja anda.
Gambar
28.
·
Insert Function[20] membantu Anda untuk
memasukkan fungsi formula (rumus) yang diinginkan kedalam cell.
·
Autosum[21] membantu Anda untuk
melakukan penghitungan cepat, namun secara default fungsi ini hanya untuk
formula SUM, AVERAGE (rata-rata) MAX (nilai terbesar), MIN (nilai terkecil),
dan COUNT.
·
Recently Used, yang berfungsi untuk menggunakan formula yang
pernah atau sering Anda gunakan, rumus-rumus yang pernah Anda gunakan akan
terecord disini.
·
Financial, membantu Anda untuk memasukkan fungsi formula
(rumus) keuangan.
·
Logical, membantu Anda untuk memasukkan fungsi formula
yang berkaitan dengan logika, seperti IF (jika).
·
Text berfungsi untuk memasukkan fungsi formula yang
berkaitan dengan teks.
· Date & Time, berfungsi untuk
memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan waktu yang akan Anda atur.
· Lookup & Reference, berfungsi untuk
memasukkan fungsi formula yang berkaitan dengan lookup (melihat) dan
referensi.
· Math & Trig, berisi kumpulan formula (rumus) yang berkaitan dengan ilmu pasti dan
trigonometri.
· More Function, berfungsi untuk memasukkan fungsi-fungsi
formula lain sesuai kebutuhan Anda.
2)
Defined Names membantu Anda untuk mendefinisikan cell maupun
range atau dapat pula untuk membuat sebuah sistem penamaan pada cell atau range
yang Anda inginkan.
Gambar 29.
· Name Manager, dapat membantu Anda ketika ingin mengatur/merubah
bahkan memperbaiki sebuah cell atau range pada lembar kerjayang telah dibuat.
· Define Name dapat membantu Anda ketika ingin merubah/memperbaiki
nama sebuah cell atau range pada lembar kerja yang telah dibuat.
· Use in Formula dapat membantu Anda ketika
ingin mengetahui nama sebuah cell atau range yang sedang digunakan pada formula.
· Create from Selection dapat membantu Anda untuk
membuat nama sebuah cell atau range yang dipilih pada lembar kerja.
3)
Formula Auditing menu ini membantu Anda
untuk menampilkan, memeriksa serta dapat mengedit formula yang digunakan pada
suatu cell. Berikut gambarnya.
Gambar 30.
· Trace Precedents membantu Anda dalam menampilkan yang berhubungan dengan cell-cell
yang terkait dengan sebuah cell yang berisi formula.
· Trace Dependents membantu Anda dalam
menampilkan anak panah yang berhubungan dengan cell-cell yang terkait dengan
cell yang telah terisi.
· Remove Arrows berfungsi ketika Anda ingin menghilangkan efek
anak panah dari Trace Precendents dan Trace Dependents.
· Show Formulas[22] membantu Anda ketika ingin menampilkan formula pada setiap cell yang
menggunakan formula.
· Error Checking untuk memeriksa jika ada
formula yang salah pada lembar kerja Anda.
· Evaluate Formula yang menampilkan sebuah
kotak dialog yang berisi di dalamnya step by step cara kerja sebuah formula.
· Watch Window yang menampilkan sebuah kotak dialog yang
berfungsi untuk mengawasi beberapa cell ketika dilakukan sebuah perubahan pada
lembar kerja Anda.
4)
Calculation membantu Anda untuk melakukan kalkulasi pada Workbook
Gambar 31.
· Calculation Options membantu Anda untuk
menentukan kapan kalkulasi/hitungan dilakukan.
· Calculate Now membantu Anda untuk menghitung/mengkalkulasi
data pada workbook yang sedang Anda kerjakan.
· Calculate Sheet membantu Anda untuk
menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.
- Menu
Data ini membantu Anda ketika ingin mengurutkan data pada tabel
yang masih urutannya acak sesuai kriteria yang Anda inginkan secara
otomatis. Berikut gambarnya. Tab
Data terbagi menjadi 5 group icon, diantaranya adalah Get External
Data, Connections, Sort & Filter, Data Tools, dan Outline.
Gambar 32.
1) Get External Data kumpulan icon aktif yang
dapat membantu Anda untuk mengambil data dari data eksternal yang kemudian
diolah ke dalam sebuah dokumen lembar kerja excel Anda.
Gambar 33.
· From Access membantu Anda untuk memasukan data dari
Microsoft Access.
· From Web dapat Anda gunakan untuk memasukan data dari
web, yang merupakan salah satu syarat agar dapat langsung digunakan dengan
melalui online.
· From Text untuk memasukan data dari teks.
· From Other Sources untuk memasukan data
yang sumbernya dari yang lain.
· Existing Connections untuk memasukan data
yang dari sumber yang pernah/telah digunakan sebelumnya.
2) Connections merupakan kumpulan icon aktif yang digunakan untuk
mengolah data-data yang sudah diambil sebelumnya.
Gambar 34.
· Refresh All untuk menyegarkan data-data (update) yang telah
Anda ambil dari sumber lain sebelumnya.
· Connections menmpilkan semua koneksi yang ada pada workbook
(lembar kerja). Sehingga Anda dapat mengetahui dari mana saja sumber-sumber
data yang telah me-link ke workbook tersebut.
· Properties mengatur/spesifikasi jenis data yang sedang
terhubung pada workbook.
· Edit Link digunakan ketika Anda ingin mengedit link yang
telah dibuat.
3) Sort & Filter dapat Anda gunakan
ketika ingin mengelompokan data berdasarkan spesifikasi yang Anda harapkan,
group ini dapat mempermudah Anda/pengguna untuk menyajikan data agar mudah
dipahami.
Gambar 35.
· Sort A-Z membantu ketika Anda ingin mengurutkan data
pada cell dari yang terbesar kepada yang terkecil atau dari huruf A sampai Z.
· Sort Z-A membantu ketika Anda ingin mengurutkan data
pada cell dari yang terkecil kepada yang terbesar atau dari huruf Z sampai A.
· Sort untuk menampilkan kotak dialog sort dengan
tampilan yang lebih lengkap.
· Filter untuk melakukan penyaringan data pada cell
sesuai yang Anda inginkan.
· Clear mengaktifkan/mengnonaktifkan filter dan sort
pada data.
· Reapply mengaplikasikan kembali filter atau sort pada
kolom cell atau range.
· Advanced untuk melakukan filter secara lebih spesifik.
4)
Data Tools untuk melakukan pengolahan atau validasi data di
cell yang sedang Anda kerjakan.
Gambar 36.
· Text to Columns membantu Anda untuk
melakukan pengolahan teks atau data pada cell untuk dipisahkan pada format yang
ada yaitu dapat menjadi beberapa kolom.
· Flash
Fill menggabungkan dua/lebih
kata yang terdapat dalam dua/lebih cell menjadi satu cell.
· Remove Duplicate untuk menghilangkan
data yang ada pada baris ganda atau baris yang terduplikasi.
· Data Validation membantu Anda untuk
mengecek serta mencegah data terlebih dahulu yang tidak valid dimasukkan ke
dalam data cell.
· Consolidate membantu Anda untuk menyatukan beberapa range
kedalam satu range.
· What-If Analysis menganalisis/mencoba
beberapa alternatif nila pada formula.
5) Outline ini membantu Anda untuk mengelompokkan beberapa
baris cell menjadi kelompok yang lebih sederhana.
Gambar 37.
· Group mengelompokkan beberapa baris cell yang panjang
menjadi kelompok yang lebih pendek.
· Ungroup merupakan kebalikan dari group, untuk
menampilkan baris data yang sebelumnya sudah di grup-kan.
· Subtotal menghitung total beberapa baris data yang telah
berhubungan.
- Menu
Review ini membantu Anda salah satunya untuk menyediakan informasi
untuk memeriksa ejaan penulisan, menterjemahkan penulisan kedalam bahasa
lain, memberikan catatan (penjelasan) yang ada dalam cell dan melindungi
cell, sheet maupun workbook melalui melalui password. Tab Review memiliki 4 group icon aktif,
diantaranya Proofing, Language, Comment dan Changes. Berikut gambarnya.
Gambar 38
1)
Proofing
mengontrol spelling dan ejaan pada data, mencari data dari berbagai sumber data
serta mencari arti kata dari dalam kamus.
Gambar 39.
· Spelling membantu Anda untuk mengecek ejaan teks yang
benar sesuai dengan kamus di Microsoft excel 2013, secara default kamus yang
telah disediakan berbahasa inggris, namun Anda dapat melakukan penambahan
bahasa Indonesia.
· Research membantu Anda untuk menampilkan kotak dialog
(terletak dikanan jika diklik) kamus untuk dijadikan referensi penulisan ejaan
yang benar.
· Thesaurus membantu Anda untuk menampilkan alternatif kata
dari teks yang diketikkan di cell.
2) Language
membantu Anda untuk menterjemahkan kata-kata yang telah dimasukan kedalam cell,
dari bahasa satu ke bahasa yang lainnya.
Gambar 40.
3)
Comment untuk
menyisipkan komentar atau catatan di dalam cell.
Gambar 41.
· New Comment untuk menambahkan komentar baru dalam cell yang
sebelumnya tidak ada komentar.
· Delete untuk menghapus komentar dalam cell (jika
sebelumnya telah dimasukkan).
· Previous untuk melihat komentar sebelumnya.
· Next untuk melihat komentar selanjutnya.
· Show/Hide Comment
menampilkan/menyembunyikan komentar yang telah dibuat agar dapat tampil secara
otomatis tanpa harus diklik.
· Show All Comment menampilkan semua
komentar yang telah dibuat agar dapat tampil secra otomatis tanpa harus diklik.
· Show Ink menampilkan/menyembunyikan ink di dalam cell.
4) Changes untuk
melindungi sheet atau workbook Anda dengan password sesuai kriteria yang Anda
inginkan.
Gambar 42.
· Protect Sheet dapat Anda gunakan untuk mengunci sheet dengan
menggunakan password.
· Protect Workbook dapat Anda gunakan
untuk mengunc workbook dengan menggunakan password.
· Share Workbook Anda dapat berbagi workbook dengan orang lain,
sehingga memungkinkan akan di edit oleh beberapa orang.
· Protect and Share Workbook untuk mengunci dan
berbagi workbook.
· Allow Users to Edit Ranges Anda dapat memberikan
hak akses kepada orang lain agar dapat melakukan edit range.
· Track Changes untuk menelusuri sejauh mana perubahan yang
dilakukan jika workbook telah digunakan secara bersama-sama.
- Menu
View ini membantu Anda untuk melihat tampilan excel untuk
disesuaikan dengan hasil printout, memperbesar tampilan kerja, menampilkan
lembar kerja sesuai yang Anda inginkan serta untuk emlakukan property
lembar kerja dengan fasilitas visual basic. Tab View memiliki 5 group icon aktif, diantaranya Workbook
Views, Show, Zoom, Window dan Macros. Berikut gambarnya.
Gambar 43.
1)
Workbook Views Anda dapat melihat dan mengatur tampilan workbook sesuai yamg
diinginkan, tampilan ini juga yang akan membantu Anda untuk melihat tampilan
lembar kerja sebelum di printout.
Gambar 44.
· Normal untuk melihat tampilan workbook secara normal.
· Page Break Preview untuk melihat tampilan
workbook dengan garis pemisah antar halaman satu dengan yang selanjutnya.
· Page Layout untuk menampilkan lembar kerja berdasarkan
lembar masing-masing, tampilan ini akan sesuai ketika Anda telah melakukan
printout lembar kerja tersebut.
· Custom Views berfungsi untuk menampilkan, menambah dan menyimpan hasil settingan yang
telah dilakukan.
2) Show berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan garis, kotak formula, kotak
heading didalam lembar kerja Anda.
Gambar 45.
· Ruler Anda dapat memilih apakah akan
menampilkan/menyembunyikan garis.
· Gridlines Anda dapat memilih menampilkan/menyembunyikan garis
bantu pada lembar kerja.
· Formula Bar menampilkan/menyembunyikan kotak formula pada
lembar kerja.
· Heading menampilkan/menyembunyikan kotak heading pada
lembar kerja.
3)
Zoom Anda
dapat meilih untuk memperbesar/memperkecil tampilan lembar kerja sesuai yang
Anda inginkan.
Gambar 46.
· Zoom memperbesar dan meperkecil tampilan sesuai yang
Anda inginkan. Ketika Anda klik zoom maka akan tampil dialog pilihan
ukuran diantaranya, 200%, 100% 75%, 50%, 25%, fii selection (sesuai lebar
windows) dan costum (sesuai keinginan Anda).
· 100% untuk mengembalikan ukuran tampilan ke 100%
dengan hanya satu kali klik saja.
· Zoom to Selection untuk memperbesar atau
memperkecik sesuai dengan bidang seleksi kursor.
4)
Window untuk mengelola tampilan lembar kerja Anda agar dapat menyesuaikan
dengan tampilan windows dan dapat membuat dokumen yang baru.
Gambar 47.
· New Window untuk membantu Anda dalam membuat dokumen baru.
· Arrange All dapat membantu jika Anda menginginkan jendela
program dapat sejajar secara berdampingan.
· Freeze Panes untuk membuat sebagian lembar kerja Anda agar tetap terlihat saat
melakukan scrool mouse (menggulung).
· Split untuk membagi lembar kerja Anda menjadi
beberapa bagian.
· Hide untuk menyembunyikan lembar kerja yang telah
Anda pilih.
· Unhide untuk menampilkan kembali lembar kerja yang
sebelumnya Anda sembunyikan.
· View Slide by Slide untuk menampilkan
dua/lebih workbook yang sedang aktif secara berdampingan.
· Synchronous Scrolling untuk mengsinkronkan
dua lembar kerja agar dapat menggulung secara bersamaan ketika Anda melakukan
scrool.
· Reset Window Position memposisikan ulang
jendela lembar kerja Anda yang telah berdampingan.
· Switch Window untuk memindahkan dari satu jendela aktif
kepada jendela aktif lainnya.
5)
Macros untuk
memperlihatkan macros pada lembar kerja Anda.
Gambar 48.
[1] Tugas Mata Kuliah Media Tabligh
Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018.
[2] Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan
Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan
Gunung Djati Bandung, NIM 1164020163.
[3] Cara cepat untuk memblok semua
dokumen dengan menekan CTRL + A
[4] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + S
[5] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + Z
[6] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + Y
[7] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + N
[9] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + V
[10] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + X
[12] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + Shift + F
[13] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + Shift + P
[14] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + >
[15] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + <
[16] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + B
[17] Cara cepat dapat dengan menekan
CTRL + I
[18] Cara cepat dapat dengan menekan CTRL
+ U
[19] Dapat juga dengan menekan CTRL + K
[20] Cara cepat dapat dengan menekan
Shift + F3
[22] Anda dapat pula dengan menekan
CTRL + ‘
Komentar
Posting Komentar