Ela N.A Tombah Tanggapi Pidato Anies Soal "Pribumi"


Dakwahpos.com, Bandung – Ela N.A Tombah pengisi pengajian rutin DKM Kifayatul Achyar sahuti pidato perdana  Anies Baswedan,  Gubernur DKI Jakarta mengenai kata “Pribumi.” 

"Terkait kata 'pribumi' dalam pidato perdana Anis Baswedan itu tidak ada salahnya dan tidak perlu dipermasalahkan, sebab dari kata pribumi sendiri tidak ada tendensius dalam politik. Dan tidak perlu menjadi perhatian khusus.” ujar Ela, Selasa (31/10/17).

Penyebutan “Pribumi” yang di sampaikan oleh Gubernur baru DKI Jakarta dalam pidato perdananya yang dinilai warganet merupakan sentimen negatif kepada non-pribumi.

“Sebagai masyarakat harusnya kita memiliki rasa kebanggaan atas kata pribumi itu, sebab yang dimaksud pribumi yaitu penghuni tempat itu sendiri, dan kita adalah asli pribumi Indonesia. Dan tidak ada indikasi bahwa Bapak Anies sedang merendahkan bangsanya, justru sebaliknya bapak anies mengajak warganya untuk meyatukan pola pikir sehingga tidak ada perbedaan.” Ujarnya.

"Kata pribumi dalam pidato tersebut di ucapkan hanya satu kali, ini menjadi titik sentral yang menjadikan polemik di masyarakat, sebetulnya ada kata-kata lain yang lebih dari kata pribumi dan kata pribumi ini lebih positif” Ujar Ela kembali.

Menurutnya, kata "pribumi" tidak harus dipermasalahkan, kita sebagai pribumi asli negeri ini harus dapat menggunakan intelektual dan mindset kita agar lebih pintar lagi dalam menyaring informasi tanpa adanya klarifikasi terlebih dahulu.

Reporter: Sumi Fitriyani, KPI 3/D


Komentar