Berita (Ceramah): "Hidup ini Ujian"

Dakwahpos.com, Bandung- Ustadz Aming Bunyamin dalam pengajian rutin Selasa, 07 Nopember 2017 kemarin. Telah menjelaskan tentang hidup semata-mata adalah ujian, sebagaimana yang tercantum dalam Q.S. Al-Mulk: 2.

Sebagai manusia kita harus selalu bersyukur atas kenikmatan hidup yang telah diberikan meskipun banyak lika-liku yang kita hadapi dalam kehidupan ini.

“Hidup ini adalah ujian, selama manusia hidup maka ujian pun akan terus berjalan mengiringi hidup kita ini. dalam mengahadapi kehidupan ini manusia selalu berhadapan dengan dua persoalan yaitu kesedihan dan kesenagan yang terus berganti.” Ujar sang ustadz.

Ketika manusia merasakan suka dan bahagia terkadang lupa pada sang pemberi kebahagian, namun ketika manusia merasakan duka dan derita manusia sering sekali berkeluh kesah dalam menghadapi derita itu. Allah Swt., tidak semata-mata menciptakan kehidupan dan kematian itu adalah untuk menguji manusia itu sendiri.
 Allah Swt berfirman.

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
“Dialah yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk: 2).

Sering kali kita bertanya dan mengeluh kenapa kita harus menanggung ujian ini, yang seolah-olah begitu berat untuk diselesaikan sehingga muncul dalam pikiran kenapa tidak orang lain saja yang mendapat ujian ini?

Segala ujian itu pasti ada jalan keluarnya selama kita yakin bahwa Allah tidak akan memberikan ujian itu jika kita mampu menghadapinya.  

Reporter: Sumi Fitriyani. KPI/3D



Komentar